Ukuran Kertas A4 dalam Satuan MM, CM, Inci dan Pixel

Bagi sebagian orang yang sering bersinggungan dengan kertas, tentunya akan selalu memakai jenis kertas dengan ukuran yang berbeda-beda. Tetapi beda lagi dengan pekerja kantoran, kertas ukuran A4 memang paling sering dipakai. Semua dokumen perkantoran baik dari bidang pendidikan maupun pelayanan, kertas A4 selalu menjadi idola.

Sesuai dengan standar ISO, A4 merupakan ukuran kertas yang dihitung memakai satauan millimeter. Namun jika ingin lebih mudah menghitungnya, kamu bisa mengkonversi ukurannya sesuai keinginan. Sejauh ini beberapa jenis ukuran kertas yang sering ada dipasaran memang letak perbedaannya ada di seri kertasnya. Kertas standar internasional diproduksi dengan seri A, B, C, D, F serta R.

Semua ukuran dari beberapa seri memang dihitung dari segi panjang dan lebar memakai satuan mm. Namun pengukuran kertas juga bisa dikonversi ke bentuk ukuran lain seperti cm, pixel dan inci menyesuaikan pengaturan kamu. Berikut ini penjelasan ukuran kertas A4 dalam cm yang bisa kamu ketahui.

Kertas Ukuran A4 dalam Beberapa Satuan

Bagi kalangan pekerja kantoran, kamu memang harus memahami lebih mengenai kertas ukuran A4 dalam sejumlah satuan. Jadi kamu tidak boleh salah memakai, bisa saja file dokumen yang dihasilkan akan terpotong atau tidak sesuai dengan ketentuan.

Jika dilihat dari ukurannya, kertas A4 apabila dijadikan ke ukuran lain dalam satuan mm adalah 210 x 297. Sedangkan dalam satuan cm adalah 21,0 x 29,7 dan dalam satuan inci adalah 8,27 x 11,69. Selain ukuran dalam beberapa satuan diatas, ukuran kertas saat dikonversi ke bentuk pixel adalah:

  • Besaran kertas A4 (72 PPI) = lebar 595 pxl, tinggi 824 pxl.
  • Besaran kertas A4 (200 PPI) = lebar 1654 pxl, tinggi 2339 pxl.
  • Besaran kertas A4 (300 PPI) = lebar 2480 pxl, tinggi 3508 pxl.
  • Besaran kertas A4 (400 PPI) = lebar 3307 pxl, tinggi 4677 pxl.
  • Besaran kertas A4 (600 PPI) = lebar 4961 pxl, tinggi 7016 pxl.
  • Besaran kertas A4 (1200 PPI) = lebar 9921 pxl, tinggi 14031 pxl.

Jika dilihat dari segi ukurannya, A4 memang memiliki ukuran setengah dari ukuran kerta A3. Untuk mempermudah menghitung mm ke ukuran cm, silahkan mengalikannya 10. Jadi ukuran kerta A4 dalam satuan cm merupakan sepuluh kali lipat jika diukur ke bentuk mm.

Pemakaian kertas ukuran A4 ternyata juga memiliki sejumlah keunggulan. Selain bisa digunakan dalam pembuatan laporan, proposal, dokumen penting dan lain sebagainya, kertas jenis A4 juga dianggap multiguna. Inilah beberapa keunggulan memakai kertas jenis A4.

Menjadi Ukuran Standar Internasional

Karena sudah menjadi salah satu ukuran kertas internasional, jika kamu memakai kertas A4 maka bisa ditemukan dimana-mana. Kertas ini memang sangat populer dikalangan pekerja kantoran. Semua tugas baik kebutuhan pribadi maupun kerjaan akan memakai jenis kertas ini. Sehingga saat akan membelinya pun kamu tidak akan sulit menemukan penjualnya.

Kertas Serbaguna

Kertas A4 memiliki fungsi beragam sehingga untuk memakainya pun kamu tinggal menyesuakan kebutuhan. Bagi anak-anak yang sering mendapatkan tugas dari sekolahan, bisa memakai jenis kertas A4 untuk menulis dan menggambar. Memiliki ketebalan yang cukup, dan bisa dipakai dalam berbagai kebutuhan. Skripsi dan karya tulis biasanya cenderung memakai jenis kertas A4.

Dijadikan Default Blank

Karena sudah banyak digunakan dalam beberapa bentuk dokumen, kertas A4 sudah dijadikan default blank. Namun dalam pengaplikasiannya, kamu memang harus jeli saat akan mencetaknya. Mengingat tidak semua microsoft word menyediakan ukuran kertas jenis ini.