Tips Aman Bertransaksi Jual Beli Mobil Bekas

Faktanya sendiri memang lebih banyak orang yang memilih membeli kendaraan khususnya adalah mobil yang sudah second atau bekas dibandingkan dengan yang baru. Bukan tanpa alasan, melainkan karena harga jualnya sendiri jauh lebih mudah dibandingkan dengan kendaraan baru, sehingga bisa menghemat pengeluaran, uang yang dimiliki dapat diputar untuk menunjang kebutuhan lain yang lebih penting. Jual beli mobil bekas sekarang ini nyatanya juga dapat dilakukan secara mudah mengandalkan internet.

Jika Anda lihat sendiri pada dasarnya memang ada banyak sekali situs-situs yang memiliki layanan untuk membantu penjualan kendaraan bekas, memudahkan bagi penjual maupun pembeli untuk saling menemukan. Tanpa mereka harus repot-repot untuk datang ke showroom secara langsung tentunya. Bisa pilah-pilih terlebih dahulu kendaraannya, ditambah lagi dengan menyesuaikan dengan budget atau keuangan yang dimiliki, karena untuk harga juga sudah tertera jelas disana.

Hanya saja dalam transaksi jual beli mobil bekas ini berbagai macam resiko juga mungkin terjadi, baik itu kepada penjual maupun pembeli sendiri. Apalagi memang pada dasarnya penipuan-penipuan semacam ini juga kerap kali terjadi dan merugikan salah satu pihak. Agar terhindar dari hal tersebut maka berikut ini diantaranya ada beberapa tips aman yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Mengenal calon pembeli maupun calon penjualan terlebih dahulu, hal pertama yang harus Anda lakukan agar nantinya tidak tertipu memang harus mengenal dengan baik masing-masing diantaranya. dari manakah mereka, apakah memang serius dalam membeli maupun menjual. Screening awal ini penting dilakukan sebelum bertemu langsung untuk menyeleksi manakah yang layak serta tidak layak untuk Anda temui.
  2. Bawa teman atau saudara ketika akan bertemu, penting juga hukumnya untuk calon penjual maupun pembeli membawa orang lain jika seandainya ingin bertemu, hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebut saja diantaranya adalah resiko perampokan atau sejenisnya. paling tidak masing-masing harus merasa aman terlebih dahulu.
  3. Semua jenis transaksi harus dilengkapi dengan dokumen resmi, jangan sepelekan juga keberadaan dokumen atau surat-surat penunjang. Bagaimanapun juga legalitas dari kendaraan tersebut harus dipastikan sehingga tidak menyebabkan masalah hukum di kemudian hari. Bahkan untuk setiap transaksi Anda pastikan juga ada bukti pendukung yang berasal dari kwitansi dan sejenisnya untuk mencegah resiko-resiko kecurangan dari salah satu pihak.
  4. Menghindari transaksi berbasis uang tunai, baik itu untuk penjual maupun pembeli paling aman adalah melakukan transaksi berbasis transfer, jangan bawa uang tunai secara langsung, apalagi jika seandainya jumlah uang tersebut juga besar. Resiko-resiko seperti diantaranya adalah uang hilang, dirampok dan sebagainya sudah pasti ada. tentunya tidak ingin hal tersebut sampai menimpa Anda bukan.
  5. Selalu memeriksa kondisi mobil secara langsung serta test drive, agar kedua belah pihak tidak merasa dirugikan, bahkan jika seandainya pembelian dilakukan online. Maka pastikan untuk bertemu serta melakukan pengecekan langsung, melihat kondisi kendaraan tersebut sampai dengan melakukan test drive, sehingga untuk kualitasnya nanti juga bisa tahu.

Jual beli mobil bekas lebih aman jika Anda mempercayakannya kepada Moladin, dimana platform yang satu ini memang fokus dalam menjual serta membeli kendaraan bekas, prosedurnya mudah serta sudah terverifikasi dan juga aman. Berbicara mengenai harga tawar serta harga jual mereka juga bersaing, sehingga tidak perlu ragu, cocok juga bagi yang butuh uang cepat sesegera mungkin, karena ketika sudah deal uang akan langsung cair.