Tidak Perlu Bimbang, Begini Cara Membuat WA Bisnis dengan Mudah

Apakah Kamu sudah mengenal aplikasi Whatsapp bisnis? Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi chat gratis yang memang diciptakan secara khusus bagi para pebisnis atau pemilik usaha. Tujuannya tentu untuk memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Cara membuat WA bisnis ini juga terbilang sangat mudah.

Kamu akan merasakan ada banyak fitur pendukung untuk bisa mengembangkan serta memperkenalkan bisnis dengan lebih mudah. Segala informasi bisa ditambahkan dengan lengkap pada aplikasi ini. Segala informasi masukkan secara lengkap dan detail agar konsumen tidak salah dalam melakukan pembelian barang atau pemilihan jasa

Langkah Membuat WA Bisnis untuk Usaha

1. Unduh dan Instal Aplikasi Whatsapp Business

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk bisa membuat akun aplikasi WA ini yaitu dengan mengunduh dan menginstall-nya. Kamu bisa mendapatkannya melalui google play store ataupun App Store. Pemasangan aplikasi ini tidak akan memakan waktu yang lama. Kamu bisa memangnya pada perangkat yang dikhususkan untuk mengelola bisnis.

2. Verifikasi Nomor Telepon

Jika proses pengunduhan sudah berhasil, Kamu bisa lanjutkan dengan melakukan verifikasi nomor telepon. Pastikan kamu memilih untuk memasukkan nomor telepon aktif yang bisa dihubungi oleh pelanggan. Setelah memasukkan nomor telepon, Whatsapp bisnis akan mengirimkan kode verifikasi sebanyak enam digit pada nomor telepon yang didaftarkan.

Masukkan kode verifikasi tersebut untuk bisa melanjutkan proses pendaftaran. Cara membuat WA bisnis ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Setelah proses verifikasi terselesaikan dengan baik, Kamu harus mulai menata WA bisnis dengan mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan oleh setiap pelanggan.

3. Mengatur Profil Bisnis

Hal yang perlu dilakukan setelah proses verifikasi yaitu mulai menata profil bisnis. Kamu bisa mulai mengganti nama profil dengan nama brand atau bisnis yang sedang dijalankan. Selain itu, tambahkan juga deskripsi singkat tentang bisnis yang dilakukan, alamat fisik, alamat email, situs website hingga jam operasional yang diberlakukan untuk berkunjung ke toko.

Melalui profil bisnis ini, pelanggan akan bisa mendapatkan informasi dan gambaran tentang bisnis yang sedang dijalankan. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi pelanggan. Jika proses perkenalan brand atau usaha sudah diterima dengan baik maka kemungkinan pelanggan untuk melanjutkan proses transaksi akan semakin besar.

4. Menambah Kontak

Ketika baru mendaftarkan Whatsapp business, tentu Kamu masih belum memiliki kotak pelanggan. Oleh karena itu, tahap berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengimpor kontak atau mengundang orang yang bisa terhubung dengan akun WA. Cara membuat WA bisnis yang satu ini kadang terlupakan dan terabaikan karena dianggap kurang penting.

Langkah ini sebenarnya menjadi langkah pembuka untuk bisa mulai berinteraksi dengan semua pelanggan. Kamu bisa menyertakan berbagai fitur untuk bisa memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Layanan terbaik tentu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi setiap pelanggan yang melakukan pemesanan online atau mengajukan pertanyaan terkait produk.

5. Mengatur Fitur Greeting Message

Fitur yang satu ini bisa digunakan untuk bisa memberikan pesan otomatis kepada pelanggan ketika pertama kali menghubungimu atau dalam jangka waktu jeda yang telah ditentukan. Kamu bisa mengatur pesan selamat datang untuk menyapa pelanggan dengan menggunakan pesan relevan. Kenalkanlah bisnis yang sedang dijalankan lengkap dengan informasi penting lainnya.

6. Gunakan Fitur Pesan Cepat

Cara membuat WA bisnis berikutnya bisa ditambahkan dengan fitur pesan cepat. Fitur yang satu ini berupa pesan yang sudah disiapkan sebelumnya untuk bisa memberikan jawaban secara cepat terhadap pertanyaan umum pelanggan. Kamu bisa menyiapkan beberapa pesan cepat untuk berbagai jenis pertanyaan yang kemungkinan diajukan pelanggan terkait bisnis.

Dengan adanya fitur ini, tentu kamu bisa memberikan respon secara lebih cepat dan efisien. Pertanyaan yang sama akan bisa dijawab dengan lebih cepat tanpa perlu mengetik ulang. Kamu bisa menjaga tingkat layanan untuk bisa mendapatkan kepuasan pelanggan. Memperhatikan hal yang kecil demi menjaga kepuasan pelanggan memang perlu dilakukan untuk bisa membuatnya berlangganan dan terus membeli produk yang Kamu jual.

7. Mengelola Interaksi dengan Pelanggan

Cara terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan mengelola interaksi dengan pelanggan. Selain menggunakan fitur aplikasi mulai dari label pesan, tautan, katalog dan juga analitik, Kamu juga perlu memperhatikan penggunaan tata bahasa yang digunakan pada pelanggan. Pastikan untuk menjawab segala bentuk pertanyaan dengan cepat dan sopan tanpa menyinggung. Hal inilah yang menjadi kunci keberhasilan dalam menerapkan cara membuat WA bisnis.

Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dengan memberikan respon cepat dan tepat memang sangat penting. Untuk bisa mendukung hal tersebut, Kamu perlu menggunakan layanan dari Indosat Ooredoo Hutchison yang memiliki jaringan stabil. Proses interaksi dengan pelanggan bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan dengan menggunakan layanan dari Indosat.

Marketplace Jasa Penulis Artikel Berkualitas Nomor #1 di Indonesia. Menghubungkan Penulis dan Advertiser.

Pembayaran
Kantor

PT. SEO DIGITAL INDONESIA

Jl. Raya Sumurwatu Blok Lengek 1 Ds. Jatimulya Kec. Terisi Kab. Indramayu Jawa Barat Indonesia

Email: [email protected]