Strategi Digitalisasi UMKM: Pembayaran Online adalah Kunci

UMKM di Indonesia memegang peranan besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Peran vital UKM akan terasa dalam kontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) senilai Rp9.580 triliun pada tahun 2024 ini atau 61% yang lebih besar dibanding usaha skala besar.

Selain itu, UMKM juga memperluas kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia dari 61 juta pelaku UMKM. Namun dari jumlah tersebut hanya 24 juta saja yang sudah melakukan digitalisasi dalam usahanya.

Pemerintah terus mendorong tumbuhnya UMKM ke arah digitalisasi, agar produk-produk lokal berkualitas atau usaha kecil menjadi dikenal secara luas dengan memanfaatkan teknologi, media sosial, hingga pembayaran secara digital.

Namun, digitalisasi UMKM masih belum banyak dijalankan dengan baik meskipun berbagai upaya terus dilaksanakan.

Hal ini terjadi karena beberapa faktor, seperti kurangnya kampanye-kampanye dan pembinaan terhadap UMKM tentang pentingnya digitalisasi UMKM. Selain itu, belum adanya adaptasi dan inovasi dari UMKM konvensional menuju arah digitalisasi.

UMKM sendiri harus berani dalam melakukan adaptasi dan inovasi terkait digitalisasi UMKM, selain itu peran serta dari pemerintah dan institusi financial technology yang dapat mendorong pelaksanaan digitalisasi UMKM.

Selain itu, faktor-faktor pendorong arah digitalisasi UMKM juga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya

Faktor Pendorong Perkembangan Digitalisasi UMKM di Indonesi

1. Pemerataan akses internet

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2024 telah mencapai lebih dari 185 juta orang.

Akses internet yang semakin luas memudahkan UMKM untuk memperkenalkan produknya, memasarkan secara lebih luas, dan mempercepat arah digitalisasi UMKM secara online dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

2. E-Commerce sebagai awal digitalisasi

E-commerce bisa menjadi platform bagi UMKM sebagai langkah awal digitalisasi untuk menjual produk. Platform e-commerce yang digunakan mulai dari website, aplikasi, marketplace, hingga media sosial.

Dengan adanya berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada, juga turut membantu UMKM memiliki peluang untuk menjangkau konsumen lebih luas tanpa perlu memiliki toko fisik.

3. Memanfaatkan media sosial

Meskipun media sosial didesain sebagai media untuk bersosialisasi, namun sudah mengalami perubahan menjadi media informasi tanpa batas yang dapat digunakan oleh bisnis dalam memasarkan produknya.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok menjadi saluran penting bagi UMKM dalam mempromosikan produk mereka. Konten kreatif dan interaksi langsung dengan pelanggan memungkinkan UMKM untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen.

4. Dukungan pemerintah

Pemerintah dan berbagai lembaga keuangan telah meluncurkan program untuk mendukung digitalisasi UMKM. Melalui pelatihan dan akses pendanaan, banyak UMKM yang didorong untuk mengadopsi teknologi digital dalam operasional mereka.

Peluang ini harus diambil dan dimanfaatkan sebagai langkah menuju digitalisasi.

5. Teknologi Pembayaran Online

Kegiatan digitalisasi UMKM tidak hanya terbatas pada memanfaatkan teknologi yang ada seperti internet, telekomunikasi, dan media sosial saja, namun bagaimana memanfaatkan teknologi pembayaran digital dalam prosesnya.

Teknologi pembayaran digital bagi pelaku bisnis UMKM dapat diperoleh melalui perusahaan payment gateway dari Winpay. Dengan menerapkan teknologi pembayaran online dari payment gateway, pelanggan dengan mudah melakukan pembayaran sesuai pilihan yang dimiliki.

Berbagai platform online yang digunakan oleh pelaku UMKM dapat menerima pembayaran menggunakan payment link dari Winpay tanpa integrasi apapun. Payment link ini bisa diperoleh dari aplikasi Winpay yang dapat di unduh gratis.

Di dalam Aplikasi Winpay ini juga tersedia metode pembayaran online seperti QRIS, e-wallet, transfer bank menggunakan virtual account, hingga pembayaran offline melalui jaringan retail modern.

Dengan memanfaatkan sistem pembayaran online, UMKM tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

Marketplace Jasa Penulis Artikel Berkualitas Nomor #1 di Indonesia. Menghubungkan Penulis dan Advertiser.

Pembayaran
Kantor

PT. SEO DIGITAL INDONESIA

Jl. Raya Sumurwatu Blok Lengek 1 Ds. Jatimulya Kec. Terisi Kab. Indramayu Jawa Barat Indonesia

Email: [email protected]