Sistem Pertandingan Piala Presiden Esport 2021

Pertandingan Piala Presien Esport 2021 mempunyai beberapa jenis game yang bisa diikuti. Pertandingan yang bisa diikuti tersebut mulai dari PUBG dan mobile legends yang merupakan game yang banyak digemari dan dimainkan oleh banyak orang. Selain itu, juga ada game lainnya yaitu Free Fire, PES 2021, Lokapala, dan Speed Chess. Pertandingan tersebut menawarkan hadiah 2 miliar yang bisa didapatkan untuk tim yang bisa menjadi juara pada pertandingan game yang diadakan. Kompetisi ini sendiri mempunyai beberapa sistem pertandingan yang bisa diketahui bagi yang ingin mengikuti pertandingan di kompetisi Piala Presiden. Untuk sistem pertandingannya adalah sebagai berikut ini:

Peraturan pertandingan

Hal pertama yang perlu diketahui mengenai sistem pertandingannya adalah dari peraturan pertandingan. Anda dan tim bisa untuk mendaftarkan diri untuk jenis permainan yang diinginkan. Selain itu juga perlu untuk mengetahui peraturan pertandingan yang harus diketahui sehingga pertandingan akan berjalan secara adil. Seperti misalnya untuk peraturan mobile legends adalah mengikuti skema pertandingan dari kualifikasi regional, kualifikasi terbuka, dan lainnya dengan jadwal yang tersedia. Hal tersebut juga berlaku untuk peraturan pertandingan untuk game lainnya yang bisa disesuaikan dengan game yang akan diikuti.

Format kompetisi

Hal selanjutnya yang perlu diketahui dari sistem pertandingan Piala Presiden Esport 2021 ini adalah formatnya. Misalnya bagi untuk format kompetisi Mobile Legends Bang Bangnya untuk kualifikasi regional terdiri dari 2024 tim di setiap regional dan terbagi jadi 4 grup. Kemudian akan diadakan pertandingan dengan sistem eliminasi dan untuk setiap tim yang lolos akan masuk ke babak kualifikasi hingga final regional. Selain itu juga ada berbagai format kompetisi dari kualifikasi terbuka, kualifikasi tertutup, dan main event. Bagi yang akan mengikuti pertandingan lainnya seperti PUBG mobile atau lainnya bisa mencari tahu mengenai format kompetisinya dengan mudah agar bisa menjawab pertanyaan yang dipunyai mengenai jalannya kompetisi Piala Presiden 2021 ini.

Perilaku

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan adalah mengenai perilaku yang harus ditunjukkan oleh atlet esport yang mengikuti kompetisi ini. Seperti untuk sistem pertandingan dan aturan perilaku ini adalah pemain yang mempunyai sikap ramah dan sopan ke penonton, lawan pertandingan, pers, penyelenggara, dan lainnya. Selain itu juga perlu menggunakan bahasa yang sopan, bertindak secara profesional, dan siap untuk mendapatkan hukuman apabila mempunyai perilaku yang bisa menimbulkan kegaduhan. Dengan mengerti hal ini maka kompetisi dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Penalti

Sistem pertandingan lainnya yang perlu diketahui oleh peserta adalah mengenai penalti yang akan diberikan. Apabila ada pelanggaran yang dilakukan oleh atlet esport terhadap aturan, maka sistem pemberian penaltinya adalah dilakukan secara kumulatif. Seperti cara lainnya maka apabila peringatan lisan hingga kartu kuning dan kartu merah tidak berpengaruh. Ada juga jenis penalti lainnya yaitu pemotongan hadiah uang tunai, kehilangan pertandingan, diskualifikasi, hingga kehilangan hadiah.

Hak penyelenggara

Hal terakhir yang perlu diketahui adalah mengenai hak penyelenggara yang dipunyai. Penyelenggara berhak untuk memberikan dan menerapkan aturan dengan bijak. Termasuk ketika mengesampingkan aturan per kasus. Selain itu keputusan yang diambil juga sifatnya mutlak utamanya setelah proses banding. Piala Presiden Esport 2021  ini diadakan berkat dukungan banyak pihak. Utamanya dari sponsor utamanya yaitu Bank BCA yang mempunyai perhatian khusus kepada olahraga di Indonesia. Sehingga hal tersebut juga membuat Bank BCA turut mendukung dan menjadi sponsor utama Piala Presiden 2021.