Menjajal Pinjaman Online Syariah, Pilihan Bijak Melengkapi Kebutuhan Dana

Kebutuhan dana mendesak kadang datang di saat kita sedang kekurangan. Kondisi ini kerap membuat kita tergiur produk pinjaman instan yang tidak bertanggung jawab dan bernuansa riba. Namun seiring perkembangan zaman, kini hadir alternatif solusi bijak melalui pinjaman online syariah dari fintech peer to peer lending (P2P Lending).

Apa sebenarnya peer to peer lending syariah itu? Intinya, pinjaman online syariah menghubungkan pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam dana (borrower) tanpa riba. Platform digital ini menawarkan proses pinjam meminjam uang yang mudah, cepat cair, dan sesuai syariat Islam.

Lantas, bagaimana cara kerja pinjaman online syariah? Platform fintech P2P lending syariah akan menganalisis profil peminjam melalui sistem scoring guna menentukan layak tidaknya menerima pinjaman. Jika disetujui, peminjam bisa mendapatkan dana dalam hitungan menit hingga beberapa hari, tergantung kebijakan platform masing-masing.

Adapun skema pembayarannya, peminjam wajib mengembalikan pokok pinjaman ditambah imbal hasil yang disepakati di muka. Imbal hasil ini setara nisbah bagi hasil bank syariah, bukan bunga. Jumlah angsuran per bulan juga pasti sesuai kesepakatan.

Menariknya, kita bisa mulai meminjam dana dari ratusan ribu rupiah hingga ratusan juta rupiah tergantung kemampuan membayar dan kelayakan profil peminjam. Prosesnya juga cenderung lebih mudah dan cepat dibandingkan kredit perbankan konvensional.

Nah, jika Anda sedang mempertimbangkan pinjaman online syariah sebagai solusi penyedia dana, berikut 5 rekomendasi platform fintech P2P lending syariah terbaik pilihan Anda.

  • ALAMI

Eksis sejak 2014, ALAMI merupakan perintis fintech syariah di Indonesia dengan mengantongi sertifikasi dan pengawasan OJK. Platform ini menawarkan pinjaman dana tunai langsung cair hingga Rp200 juta dengan jangka waktu 1-36 bulan. ALAMI terintegrasi sistem teknologi mutakhir dan analisis kredit yang ketat memastikan mitra peminjam layak dan mampu bayar. Baik perorangan ataupun pengusaha mikro bisa mengajukan pinjaman modal kerja maupun investasi di sini.

  • Dana Syariah

Merupakan unit bisnis syariah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, Dana Syariah hadir sejak 2017 dengan fokus memenuhi kebutuhan pinjam meminjam uang berdasarkan syariat Islam. Total pinjaman yang telah disalurkan mencapai lebih dari Rp9 triliun per September 2022. Platform fintech yang bermitra dengan bank syariah ini memberi alternatif solusi keuangan digital tanpa bunga. Anda dapat meminjam hingga Rp250 juta untuk keperluan apapun.

  • Modalku Syariah

Masih satu grup dengan Modalku (konvensional), Modalku Syariah adalah fintech lending syariah yang mulai beroperasi sejak 2019. Hingga kini, lebih dari Rp650 miliar dananya telah disalurkan kepada lebih 30 ribu mitra peminjam di Indonesia. Modalku Syariah memberi alternatif pendanaan untuk pengusaha mikro dengan limit pinjaman antara Rp1 juta – Rp100 juta. Cukup dengan KTP dan KK saja, pencairan dana bisa diproses dalam waktu 1×24 jam. 

  • Uangme Syariah

Merupakan lini bisnis syariah dari PT Uangme, perusahaan joint venture PT Bank Sinarmas Tbk dan emtek group ini memiliki total nasabah lebih dari 800 ribu orang per Agustus 2022. Melalui Uangme Syariah, Anda bisa mendapatkan pinjaman tunai langsung cair hingga Rp200 juta. Adapun proses pengajuannya sangat mudah melalui aplikasi android, cukup download dan isi data diri.

  • Danamas Syariah

Unit bisnis Danamas konvensional yang bertransformasi mengusung konsep syariah sejak 2017. Hingga kini, lebih dari 290 ribu KTA pembiayaan telah disalurkan dengan total pembiayaan mencapai Rp1,8 triliun lebih. Melalui Danamas Syariah, Anda dapat memperoleh Talangan Haji/Umroh hingga Rp25 juta, pembiayaan multiguna atau modal usaha halal hingga Rp100 juta. Platform ini bermitra dengan BMI, terdaftar dan diawasi OJK. Itu dia lima rekomendasi platform pinjaman online syariah terbaik pilihan kami. Dengan beragam manfaat dan keunggulan yang ditawarkan fintech P2P lending syariah, produk keuangan berbasis teknologi ini patut Anda pertimbangkan sebagai alternatif solusi penyedia dana instan, aman dan halal.

Marketplace Jasa Penulis Artikel Berkualitas Nomor #1 di Indonesia. Menghubungkan Penulis dan Advertiser.

Pembayaran
Kantor

PT. SEO DIGITAL INDONESIA

Jl. Raya Sumurwatu Blok Lengek 1 Ds. Jatimulya Kec. Terisi Kab. Indramayu Jawa Barat Indonesia

Jam Kerja: 08.00-16.00 WIB