Masjid Paling Bersejarah di Indonesia, Kamu Sudah ke Sini?

Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Indonesia memiliki perjalanan sejarah agama islam yang panjang. Perjalanan sejarah tersebut bisa kamu ketahui dari masjid-masjid bersejarah di Indonesia dengan tampilan masjid yang sangat bagus apalagi dengan adanya jam masjid digital untuk pengingat waktu salat.

Gak cuma berusia tua, masjid-masjid ini juga menyimpan sejarah yang menarik untuk diketahui. Inilah masjid paling bersejarah di Indonesia. 

1. Masjid Raya Baiturrahman di Aceh

Bangunan megah yang ikonik ini telah dibangun sejak 1612. Bangunan asli masjid ini dulunya digunakan sebagai benteng pertempuran melawan Hindia Belanda.

Bahkan masjid ini sempat dibakar. Kemudian dibangun kembali oleh Pemerintah Belanda sebagai bentuk permintaan maaf, sekaligus untuk meredam kemarahan masyarakat Aceh.

2. Masjid Raya Al-Mashun di Medan

Masjid ini dibangun oleh Sultan Ma’mud Al Rasyid Perkasa Alam, selaku pemimpin Kesultanan Deli. Masjid bersejarah ini selesai dibangun pada tahun 1909, yang ditandai dengan pelaksanaan salat Jum’at pertama. Masjid ini sengaja dibangun lebih mewah dari Istana Maimun, yang juga termasuk bangunan bersejarah di Medan.

3. Masjid Raya Ganting di Padang

Masjid ini sudah ada sejak masa Pemerintahan Kolonial Belanda. Pendirian masjid ini diprakrasai tiga orang pemuka masyarakat yang mengusahakan tanah untuk pembangunan masjid. 

Setelah mendapatkan dana dari para saudagar, mereka menghubungi rekan-rekan yang memiliki tujuan yang sama. Akhirnya, masjid ini berdiri pada 1805.

4. Masjid Istiqlal di Jakarta

Pembangunan masjid ini dipelopori Presiden RI pertama, Soekarno. Dia pun yang melakukan peletakkan batu pertama pada 1951. Menariknya, arsitek yang membangun masjid ini adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.

Masjid bersejarah ini juga berdampingan dengan Gereja Katedral, melambangkan semangat persaudaraan dan toleransi beragama sesuai Pancasila.

5. Masjid Agung Banten

Masjid sekaligus bangunan yang ikonik di Banten ini dibangun Sultan Maulana Hasanuddin, yang merupakan sultan pertama Kesultanan Banten.

Masjid yang dibangun pada 1556 ini memiliki kompleks pemakaman sultan-sultan Banten. Menariknya, menara di masjid ini berbentuk seperti mercusuar.

6. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah

Sebenarnya, masjid bersejarah ini memiliki nama resmi Masjid Al Aqsa Manarat Qudus. Dibangun oleh Sunan Kudus sejak 1549 dan memiliki desain seperti candi. Masjid ini juga sering ramai pengunjung yang berziarah ke makam Sunan Kudus.

7. Masjid Agung Demak, Jawa Tengah

Masjid peninggalan Kerajaan Demak ini menjadi tempat berkumpulnya para wali yang menyebarkan Islam di tanah Jawa atau dikenal sebagai Wali Songo. Masjid ini dibangun oleh Raden Patah, raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15 Masehi.

8. Masjid Sunan Ampel di Surabaya

Sesuai namanya, masjid ini didirikan Sunan Ampel pada tahun 1421. Masjid ini selalu ramai wisatawan yang berziarah ke makam Sunan Ampel. Di kompleks masjid ini juga terdapat makam salah satu pahlawan nasional, yakni K.H. Mas Mansyur.