Ini Trik Gunakan WhatsApp Web di PC yang Simpel dan Cepat

Apabila Anda belum terbiasa menggunakan WhatsApp (WA) Web di komputer atau PC tentu sangat lambat mengaplikasikannya. Padahal terdapat banyak trik penggunaan WhatsApp Web yang bisa Anda praktikkan seperti pada artikel ini.

WhatsApp yang biasa digunakan pada ponsel Android memang sangat mudah diaplikasikan. Tapi, jika WA digunakan pada PC tentu akan terasa aneh dan tidak praktis digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, ada banyak trik yang bisa diterapkan agar WA Web pada PC bisa digunakan dengan nyaman dan cepat dengan software wa di laptop.

Cara Mengaktifkan WA Web di PC

Langkah awal yang cukup mempengaruhi kecepatan penggunaan WhatsApp Web bisa dilihat dari proses mengaktifkannya. Agar tidak salah sejak awal dan berdampak lambatnya penggunaan WA, gunakan langkah-langkah mudah berikut dalam mengaktifkan WhatsApp Web di PC.

• Masuk ke halaman website WhatsApp Web pada browser yang digunakan, yakni https://web.whatsapp.com/.
• Halaman yang dibuka akan menampilkan kode QR yang siap dipindai.
• Untuk melakukan scan, buka aplikasi WA di ponsel Android yang digunakan.
• Cari tanda titik tiga pada pojok atas sebelah kanan aplikasi tersebut.
• Saat muncul beberapa menu, pilih WhatsApp Web.
• Secara otomatis, android akan menampilkan scanner untuk scan kode yang ditampilkan pada komputer atau laptop.
• Setelah proses scanberhasil, laptop atau PC yang digunakan sudah masuk ke halaman WhatsApp dan siap digunakan.

Kalau ingin membuka WhatsApp Web dengan aplikasi yang simpel dan ringan, Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
• Instal aplikasi WhatsApp Web di halaman resminya, yakni https://web.whatsapp.com/download.
• Pada halaman download, pilih tipe laptop atau PC yang digunakan.
• Setelah diunduh, bisa langsung login dengan cara scan kode yang ditampilkan PC dengan ponsel Anda.
• WhatsApp Web siap digunakan.

Agar bisa mengaktifkan WhatsApp Web dengan lebih cepat menggunakan beberapa langkah di atas, ada beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi demi mempermudah akses, di antaranya :

1. Gunakan browser yang cepat

Gunakan browser yang cepat guna mempercepat proses pemasangan WA. Meskipun hampir seluruh browser bisa dipakai mengakses WA, namun tidak semuanya memberikan layanan akses lebih cepat.
Beberapa contoh browser yang terkenal cepat dalam mengakses aplikasi WA Web adalah Google Chrome, Mozila Firefox, dan Opera.

2. Menggunakan browser yang ter-update

Beberapa pengguna PC banyak yang malas meng-update PC-nya sehingga saat dipakai lebih lambat dari tidak mendukung beberapa fitur. Apabila ingin menggunakan WhatsApp Web, pastikan browser pilihan yang digunakan sudah di-update dengan versi terbaru.

3. Gunakan Wifi atau koneksi stabil

Masalah mengakses WA di browser komputer sering kali terjadi karena kendala koneksi internet. Kode scanyang seharusnya akurat menjadi lebih lambat, bahkan eror. Hal ini tentu memperlambat proses mengaktifkan WA. Oleh karenanya, gunakan sinyal Wifi atau koneksi internet lain yang jelas stabil.

Manfaat Menggunakan WhatsApp Web

Dengan menggunakan WhatsApp Web yang lebih cepat dan praktis di PC, tentu ada banyak keuntungan yang akan diperoleh yaitu :

1. Mempermudah Aktivitas

Ketika bisa menggunakan WhatsApp Web dengan cepat, tentu segala aktivitas yang perlu dilakukan dengan browser bisa lebih mudah. Pengguna PC juga bisa membuka banyak jendela sekaligus untuk melakukan aktivitas lainnya tanpa harus mengalami masalah dengan WhatsApp.

2. Mempermudah Akses ataupun Transfer Data PC dan WA

Beberapa jenis pekerjaan saat ini ada yang memanfaatkan WA sebagai salah satu media diskusi melalui grup. Daripada kesulitan melihat WA di ponsel Android bergantian dengan PC, akan lebih mudah melihat keduanya sekaligus dalam PC.
Proses transfer data yang dibutuhkan juga lebih mudah. Misalnya untuk mengirim dokumen tertentu melalui WA bisa langsung dilakukan tanpa memindahkan dokumen di PC ke android terlebih dahulu.

3. Ringan di PC

Dibandingkan aplikasi WA untuk desktop, penggunaan WhatsApp Web jauh lebih ringan karena hanya menggunakan satu aplikasi browser saja. Ini sangat mendukung jenis PC yang memiliki RAM atau memori sangat terbatas.

4. Tidak Menganggu Fokus Pekerjaan

Pekerjaan yang harus dilakukan dengan WA dan PC secara berbarengan bisa lebih fokus karena tidak harus bergantian menggunakan android dengan komputer. Ini tentu sangat menguntungkan dan meningkatkan efektifitas kerja.