Ini Dia Pentingnya Asuransi Kesehatan dan Biaya Premi Asuransi yang Harus Dibayarkan

Kesehatan adalah aset yang sangat mahal harganya, oleh karena itu banyak sekali jenis asuransi saat ini salah satunya adalah asuransi kesehatan.

Salah satu pentingnya asuransi kesehatan adalah sebagai jaminan untuk pembiayaan apabila suatu saat kita tiba-tiba mendapatkan musibah sakit.

Contoh polis asuransi kesehatan sendiri seperti bukti perjanjian tertulis yang dibuat oleh pihak asuransi kepada nasabah alias pengguna asuransi.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan sendiri bisa diartikan sebagai suatu perusahaan asuransi yang menjamin kerugian kesehatan kepada kita, yang mana kita juga harus membayarkan sejumlah premi dan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk kita oleh karena itu apa itu asuransi kesehatan tentunya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Apa Manfaat Asuransi Kesehatan Untuk Hidupmu?

Sebagian orang berfikir bahwa kunci utama kesehatan adalah ada pada dirinya sendiri, sehingga ia tidak perlu untuk membuat asuransi kesehatan.

Di sisi lain ada juga sebagian orang yang berfikir, buat apa membuat asuransi kesehatan dan kita membayar premi setiap bulannya tetapi kita dalam keadaan baik-baik saja dan jasa asuransi tidak terpakai.

Mindset seperti ini tentunya harus kita ubah, karena manfaat asuransi kesehatan sesungguhnya sangatlah banyak. Memang benar asuransi akan dipakai hanya di saat anda membutuhkannya.

Tetapi pertanyaannya, apakah kita bisa memastikan bahwa kita selalu dalam kondisi sehat dan terhindar dari musibah? Ketika mendapatkan musibah akankah kita sudah siap finansial untuk pengobatannya?

Berbagai kondisi yang tidak diinginkan tersebut tentunya dapat dengan mudah ditangani bila kita memiliki asuransi kesehatan. Manfaat asuransi kesehatan dapat berupa biaya perawatan inap, rawat jalan karena sakit, maupun biaya pembedahan seperti kamar operasi dan dokter bedah.

Bahkan anda juga bisa mendapatkan manfaat medical check-up, asuransi kelahiran, perawatan gigi, dan perawatan mata.

Seperti Apakah Kontrak dalam Asuransi?

Sebelum Anda memilih untuk menggunakan jasa asuransi, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu terkait polis asuransi. Polis asuransi kesehatan sendiri adalah suatu bentuk kontrak antara perusahaan penyedia asuransi dengan nasabahnya/pemegang polis.

Apa isi dari polis asuransi kesehatan? Adapun isinya adalah mengenai identitas polis, data polis, ketentuan dan manfaat asuransi, keterangan premi yang harus dibayarkan, cara pembayaran premi, uang asuransi, penerima manfaat asuransi, daftar penerima manfaat asuransi, dan lainnya.

Lalu, Apa yang Dimaksud Premi dalam Asuransi?

Ketika kita memutuskan untuk memiliki asuransi maka ada sejumlah uang yang harus kita bayarkan. Mengapa harus membayar?

Tentunya agar kita memperoleh manfaat dari asuransi itu sendiri dan bisa mengklaim asuransi ketika kita dalam kondisi sakit. Sejumlah biaya tersebutlah yang biasa juga disebut dengan premi asuransi.

Jenis Premi Asuransi Ada Apa Saja?

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis asuransi, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi kecelakaan kerja, dan lainnya.

Oleh karena itu, jenis premi asuransi juga menyesuaikan dengan jenis asuransi yang ada. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk setiap jenis asuransi tentunya berbeda-beda.

Berapa Biaya Premi Asuransi?

Biaya asuransi kesehatan merupakan hal yang paling sering ditanyakan, karena hampir setiap orang membutuhkan asuransi jenis ini.

Di Indonesia sendiri banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa asuransi kesehatan, mulai dari BPJS kesehatan, Cigna Proteksi Sehat, Simas Sehat Gold, Lippo HeathPlus Family, dan lainnya.

Biaya premi asuransi tentunya bergantung dari fasilitas yang penyedia jasa asuransi berikan dan tingkatan cover biaya mana yang kita pilih.

Biaya asuransi kesehatan untuk BPJS dimulai dari Rp42 ribu perbulan dan untuk asuransi swasta mulai dari Rp150 ribu. Umumnya apabila Anda sudah bekerja, biaya asuransi kesehatan akan ditangguhkan pada perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu ada juga asuransi jiwa yang memberikan uang pertanggungan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kematian. Besaran premi asuransi jiwa juga bergantung dari jumlah uang pertanggungan yang kita pilih nantinya, jadi biaya preminya bisa mulai dari Rp150 ribuan perbulan. Bagaimana apakah anda tertarik untuk memiliki asuransi kesehatan? Selain untuk menjamin pembiayaan atas perawatan kita saat sakit, adanya asuransi juga membuat kita lebih tenang karena tidak perlu pusing lagi memikirkan besarnya biaya perawatan yang ada.