8 Kelebihan Domain ID

Memiliki nama domain memang penting bagi kamu yang ingin membuat sebuah situs website. Dan masing-masing domain pasti memiliki kelebihannya, sama seperti ID yang kini banyak digunakan. Agar lebih jelas, simak yuk penjelasan lengkap kelebihan domain ID berikut ini. 

Sekilas tentang domain ID 

Domain ID adalah country code Top Level Domain atau sering disebut juga sebagai ccTLD YANG mampu membantu mengidentifikasi sebuah website individu atau institusi dari Indonesia.

ccTLD ini sendiri terdiri dari .id, .ac.id, .co.id, .web.id, .sch.id, .or.id, .biz.id, .my.id, dan .ponpes.id. 

Jenis domain yang satu ini memang dikhususkan untuk website yang berada di dalam Indonesia.

Kamu juga bisa dapatkan domain COM dan domain ID murah hanya di DomaiNesia. 

Kelebihan domain ID 

Tak hanya sekadar bentuk cinta terhadap Indonesia, domain ID juga memiliki beberapa kelebihan lain yang wajib kamu ketahui seperti: 

1. Keamanan domain ID lebih terjamin

Domain ID memiliki keamanan yang bagus karena adanya fitur WHOIS. Fitur ini membantu publik untuk dapat melihat siapa saja yang telah menggunakan domain sehingga lebih aman saat digunakan. 

Dengan melihat siapa saja yang menggunakan domain, tentu akan memperkecil peluang penipuan atau tindakan pelanggaran hukum lainnya. 

Apabila ditemukan penggunaan domain ID  yang melanggar hukum, maka Pengelola Nama Domain Internet Indonesia atau disebut juga PANDI akan melakukan suspend. Dan  mengakibatkan penghapusan domain jika dinyatakan bersalah oleh pengadilan.

2. Memiliki kredibilitas yang baik 

Selain lebih aman, domain ID juga memiliki kredibilitas yang baik atau terpercaya. Hal ini karena para pendaftar harus memberikan identitas dengan lengkap sebagai legalitas. 

Itulah yang menjadi alasan beberapa perusahaan startup memilih menggunakan domain ID agar lebih terpercaya di depan klien mereka.

3. Lebih mudah untuk melakukan optimasi SEO

Domain ID ini juga telah diakui oleh Google dan mendapatkan prioritas dari Google.co.id karena resmi mewakili Indonesia. Sehingga kamu tak perlu lagi melakukan localization melalui webmaster tools

Selain itu, optimasi SEO juga menjadi lebih mudah saat penggunaan keyword lokal sering dipakai. 

4. Harga domain ID lebih terjangkau

Memang dulu domain .ID tergolong mahal, namun saat ini kamu dapat mendaftarkannya  dengan harga yang jauh lebih terjangkau. 

Tujuannya agar setiap orang dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti website bisnis maupun personal. 

5. Domain ID memiliki akses yang cepat

Kelebihan dari domain ID selanjutnya adalah memiliki akses yang lebih cepat. Hal itu karena domain ID ini menggunakan server yang ada dalam negeri jadi untuk membuka blog akan lebih cepat bila dibandingkan server dari luar negeri. 

Selain akses yang cepat, website milikmu akan lebih mudah ditemukan di mesin pencarian karena menggunakan domain berbahasa Indonesia dan diakhiri dengan ID. 

6. Masih memiliki banyak kuota nama domain

Domain .ID juga masih memiliki banyak kuota untuk nama. Apabila kamu ingin memilih lebih banyak nama, maka bisa memilih ekstensi seperti ccTLD .ID. 

Dengan cara seperti itu, kamu bisa mengandalkan keyword lainnya yang potensial untuk dijadikan alamat domain sebuah situs website.

7. Identitas yang jelas bagi pemilik website 

Dengan menggunakan domain .ID, kamu akan lebih mudah mengetahui siapa pemiliknya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya karena saat proses pendaftaran membuat domain, pemilik wajib memenuhi berbagai macam persyaratan dan ketentuan.

Walaupun data-data yang diminta sedikit memberatkan, namun hal tersebut juga sebagai langkah untuk meningkatkan keamanan website yang sedang dibuat.

8. Dapat menentukan target pasar dengan mudah saat berbisnis

Terakhir yaitu kamu bisa menentukan target pasar dengan mudah dengan menggunakan domain ID. 

Apabila bisnis berasal dari Indonesia dan kamu ingin menarik pelanggan dari negara lain, cobalah untuk menggunakan ccTLD pada nama domain.

Itulah beberapa kelebihan domain ID yang menguntungkan untuk sebuah situs website. Jadi tak hanya menandakan website dari Indonesia, tetapi dengan menggunakan domain ID ini juga membantu menjaga sistem keamanan dan lebih terpercaya untuk digunakan di berbagai keperluan masing-masing orang. 

Langkah Selanjutnya Setelah Memiliki domain ID

Setelah Anda memiliki domain ID, langkah selanjutnya adalah membuat website. Bisa dimulai dengan membeli hosting murah dan instalasi website dengan menggunakan platform WordPress.