10 Bahan Bangunan yang Penting untuk Pembuatan Rumah

Pahami 10 bahan bangunan yang penting dalam pembuatan rumah sebelum melakukan perancangan. Sebab, pembangunan rumah membutuhkan bahan yang lengkap dengan kualitas terbaik di setiap tahapannya. Sehingga, kenyamanan dan keamanan di dalamnya bisa dirasakan seluruh orang.

10 Bahan Bangunan yang Harus Ada dalam Pembangunan Rumah

Ketahui 10 bahan bangunan rumah yang utama dalam setiap pembangunannya. Sehingga, tidak ada yang tertinggal pada proses pembangunan. Ada beberapa tipe rumah yang saat ini dibuat, tetapi bahan utama selalu sama dan pilihan yang terbaik.

1. Batu pondasi

Batu digunakan sebagai pondasi pada pembangunan rumah. Penggunaan batu untuk pondasi bisa digunakan dengan batu sungai, batu gunung, atau batu kali.

2. Semen dan pasir

Semen dan pasir menjadi bagian yang harus ada dalam proses pembangunan rumah. Nantinya semen akan dicampur dengan pasir untuk merekatkan batu menjadi dinding yang kokoh. Sehingga adonan akan semakin kuat dalam menahan pondasi.

Penggunaan semen harus dipastikan memiliki kualitas yang terbaik. Gunakan semen SCG PCC dengan beberapa keunggulan dalam bahan bangunan rumah. Produk SCG memiliki kualitas terbaik untuk segala bahan bangunan yang nyaman dan kuat.

Keunggulan pada semen SCG PCC ini memiliki berat total 40 kg. Selain itu daya ikat yang kuat membuatnya cocok dalam pemasangan batu bata dan plesteran. Selain itu, bahan yang rendah penyusutan ini juga bisa digunakan sebagai acian dinding dan aplikasi beton.

3. Baja

Baja digunakan dalam pembangunan rumah sebagai kerangka untuk memperkuat dinding. Biasanya terdapat beberapa bata dalam pabrik. Tetapi, dalam pembuatan atap rumah menggunakan baja ringan.

4. Batako

Batako sering digunakan untuk bahan bangunan rumah yang harus ada. Penggunaan batako memiliki keunggulan karena harga yang lebih terjangkau. Selain itu bisa menggunakan batu bata yang memiliki keunggulan untuk rumah yang lebih adem dan kuat.

5. Genteng

Bagian atas rumah yang tidak boleh terlewatkan adalah genteng untuk mencegah air atau benda dari luar masuk ke dalam rumah. Genteng memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih pemilik rumah, seperti dari tanah liat maupun asbes.

6. Keramik

Keramik menjadi bagian yang digunakan untuk mempercantik area rumah dengan motif yang beragam. Biasanya bagian ini digunakan untuk lantai maupun dinding. Pastikan memilih motif keramik yang cocok dengan cat dasar rumah yang diinginkan.

7. Kaca

Kaca digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan jendela. Bahan bangunan ini membantu rumah untuk mendapatkan cahaya matahari, sebagai ventilasi, dan terlindungi dari cuaca yang kurang baik. Pastikan ukuran kaca sesuai dengan jendela yang akan dibuat.

8. Pipa

Pipa membantu dalam proses pembuangan saluran air dari rumah keluar. Biasanya, pipa dibuat dengan material yang dapat menahan suhu panas dan rendah. Sebab, air yang diproduksi dari rumah cukup beragam, misalnya air panas untuk mandi atau masak, dan air dingin.

9. Kayu

Kayu digunakan untuk kerangka rumah agar rumah lebih kuat. Proses kayu untuk pembangunan rumah dipilih dengan kualitas terbaik agar tidak cepat lapuk atau keropos.

10. Triplek

Triplek biasanya terlihat seperti papan tipis yang digunakan sebagai material pembangunan rumah. Bahkan triplek digunakan untuk menutupi plafon rumah agar terlihat lebih rapi. Bahan bagunan yang tepat dan terbaik bisa menggunakan produk SCG yang lengkap. SCG menyediakan berbagai kebutuhan bangunan, mulai dari smartblock, beton instan, semen, dan lainnya. Kunjungi website SCG untuk melihat segala produk untuk pembangunan rumah yang kuat.